Pengetahuan dalam mengidentifikasi elemen strategi pemasaran perusahaan.
Definisi dari pasar, tipe pasar, dan tahap dalam penentuan pasar.
Definisi pasar.
Pasar (market) adalah tempat pertemuan antara penjual dengan pembeli. Atau ada juga yang mendefinisikan bahwa pasar adalah daerah atau tempat (area) yang didalamnya terdapat kekuatan-kekuatan permintaan dan penawaran yang saling bertemu untuk membentuk suatu harga.
Tipe-tipe pasar.
Para pembeli dipasar dapat dikelompokkan berdasarkan segmentasi atas jenis atau tipe pasar, yaitu:
- Pasar konsumen (consumer market). Adalah pasar untuk barang dan jasa yang dibeli atau disewa oleh individu untuk pemenuhan kebutuhan pribadinya.
- Pasar produsen (producer market). Producer market atau industrial market adalah pasar untuk barang dan jasa yang dibeli atau disewa oleh perorangan atau organisasi untuk digunakan kembali pada produksi barang dan jasa lain, baik untuk dijual ataupun untuk disewakan.
- Pasar pedagang (Reseller market).Adalah pasar yang di dalamnya terdiri dari para pedagang yang membeli barang (bahan pokok) untuk dijual kembali atau untuk disewakan. Biasanya disebut pedagang-pedagang menengah.
- Pasar pemerintah (Government market). Adalah pasar yang para pelakunya terdiri dari pemerintah tingkat pusat, tingkat 1, tingkat 2, dan berbagai instansi pemerintah lain yang membeli atau menyewa barang dalam rangka menjalankan tugas-tugas dari pemerintah. Pasar ini adalah pasar yang sangat potensial. Pada pasar ini dikenal adanya anggaran belanja untuk bermacam-macam sektor, antara lain sektor pertahanan, pendidikan, perhubungan, dan lain-lain.
Tahap– tahap dalam penentuan pasar.
Ada tiga tahap–tahap dalam penentuan pasar yaitu:
- Mass Marketing merupakan
- Product Variety Marketing.
Tahap dimana perusahaan mulai memproduksi dua atau lebih produk dengan ciri, kualitas, ukuran yang telah ditentukan oleh perusahaan, produk tersebut sengaja dibuat berbeda-beda, dengan alasan bahwa konsumen satu dengan lainnya dan biasanya selalu berubah-ubah sepanjang waktu.
- Target Marketing.
Tahap dimana perusahaan berusaha mengidentifikasikan segmen pasar kemudian memilih satu atau lebih. Selanjutnya mengembangkan produk-produk tersebut dengan menggunakan strategi marketing mix yang tentunya di sesuaikan dengan kondisi masing-masing segmen.
Definisi segmentasi pasar, targeting, dan positioning.
Definisi segmentasi pasar.
Segmentasi pasar merupakan pengelompokkan pembeli dalam suatu pasar yang memiliki kebutuhan dan tingkah laku yang sama. Segmentasi berarti melihat pasar secara kreatif. Segmentasi merupakan seni mengidentifikasi serta memanfaatkan peluang – peluang yang muncul di pasar. Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok – kelompok pembeli yang berbeda memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.
Segmentasi pasar bisa diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisa perbedaan antara pembeli di pasar.Segmentasi pasar adalah suatu proses untuk membagi pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yang lebih homogen, dimana tiap kelompok konsumen dapat dipillih sebagai target pasar untuk dicapai perusahaan melalui strategi bauran pemasarannya.
Definisi targeting.
Istilah market targeting merupakan keputusan perusahaan mengenai pasar manakah yang akan dilayani. Sebagai gambaran misalnya berdasarkan analisa dan ramalan permintaan perusahaan dapat mengetahui adanya pasar tertentu yang dianggap menarik, yang membuat perusahaan
memperluas pangsa pasar. Perusahaan tersebut sejumlah konsumen sebagai sample dari keseluruhan. Dalam survey ditanyakan mengenai atribut produk yang ditawarkan, tentang kualitas, harga, kemasan, service, dan sejenisnya.
memperluas pangsa pasar. Perusahaan tersebut sejumlah konsumen sebagai sample dari keseluruhan. Dalam survey ditanyakan mengenai atribut produk yang ditawarkan, tentang kualitas, harga, kemasan, service, dan sejenisnya.
Definisi positioning.
Positioning adalah cara pandang konsumen terhadap produk tersebut pada atribut yang paling penting, yang pada akhirnya akan menghasilkan citra positif atau citra negatif dari konsumen terhadap suatu produk. Penetapan posisi produk (positioning) adalah penetapan arti produk dalam pikiran konsumen menurut ciri atau arti pentingnya berdasarkan pembandingan dengan produk pesaing.
Tugas positioning.
Secara umum tugas positioning terdiri dari tiga tahap yaitu:
- Mengidentifikasikan sejumlah kemungkinan keunggulan bersaing untuk membangun posisi.
- Memilih keunggulan bersaing yang tepat.
- Mengkomunikasikan secara efektif dan mendeliverikan posisi yang terpilih kepasar.
Uraian segmentasi perusahaan.
Manfaat segmentasi bagi perusahaan.
Manfaat segmentasi yang berorientasi pada peningkatan pemasaran akan memberikan keuntungan bagi pebisnis dan pelanggan yaitu :
- Menyediakan keinginan dan kebutuhan pelanggan dengan baik
- Meningkatkan pendapatan lebih sulit bagi produsen untuk menaikkan harga pada seluruh pasar.
- Peluang untuk tumbuh dengan segmentasi pasar organisasi dapat menciptakan produk yang akan menarik konsumen lain untuk mencoba dan kemudian membeli produk tersebut.
Peranan segmentasi bagi perusahaan.
Adapun peranan segmentasi pasar sebagai berikut :
- Memungkinkan untuk lebih fokus masuk ke pasar sesuai dengankeunggulan kompetisi perusahaan.
- Mendapatkan input mengenai peta kompetisi dan posisi pasar.
- Merupakan basis untuk mempersiapkan strategi marketing selanjutnya.
- Faktor kunci mengalahkan pesaing dengan memandang pasar dari sudut unik dan cara yang berbeda.
Cara dalam memandang suatu pasar bagi perusahaan.
Adapun cara – cara dalam memandang sebagai berikut :
- Static Attribute Segmentation.
Cara memandang pasar berdasarkan geografis dan demografis.Geografis artinya melihat pasar berdasarkan wilayah (negara, kota, kawasan, propinsi). Sedangkan demografis berarti memandang pasar berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, agama, dan pendidikan.
- Dinamic attribute segmentation.
Cara memandang pasar berdasarkan sifat – sifat dinamis yang mencerminkan karakter pelanggan. Segmentasi ini melihat pasar berdasar psikografis dan perilaku. Psikografis meliputi lifestyle, kepribadian sedangkan perilaku berupa sikap, penggunaan dan respon pelanggan terhadap produk.
- Tahapan segmentasi pasar.
Terdapat tiga tahapan yang dilakukan oleh perusahaan dalam melaksanakan segmentasi pasar yaitu :
- Tahap survey, yaitu melakukan wawancara dan pengamatan.
- Tahap analisa,
yaitu mengolah data dengan analisa faktor dan menerapkan analisa kelompok untuk menghasilkan segmen yang berbeda secara maksimum.
- Tahap pembentukan,
yaitu tiap kelompok dibentuk berdasarkan perbedaan sikap, perilaku, demografis, psikografis. Tiap segmen diberi nama sesuai dengan sifat – sifat dominan yang membedakannya.
Cara mengidentifikasi target segmen pasar.
Penentuan target pasar.
Adapun cara penentuan target pasar secara umum adalah :Konsentrasi segmen tunggal.
Berkonsentrasi pada segmen tertentu. Hal ini dilakukan karena dana yang terbatas, merupakan segmen yang paling tepat sebagai landasan untuk ekspansi ke segmen lainnya.
Spesialisasi selektif.
Memilih sejumlah segmen pasar yang menarik dan sesuai dengan tujuan serta sumber daya yang dimiliki.
Spesialisasi pasar.
Memusatkan diri pada upaya melayani berbagai kebutuhan dari suatu kelompok pelanggan tertentu.
Spesialisasi produk.
Memusatkan diri pada pembuatan produk tertentu yang akan dijual kepada berbagai segmen pasar.
Pelayanan penuh.
Berusaha melayani semua kelompok pelanggan dengan semua produk yang mungkin dibutuhkan.
0 Comments
EmoticonEmoticon