Mengembangkan strategi pemasaran
sangatlah penting untuk bisnis apapun. Tanpa itu, usaha yang kita lakukan untuk
menarik pelanggan cenderung berantakan dan tidak efektif.
Strateginya Anda harus berfokus
untuk memastikan bahwa produk dan layanan yang anda tawarkan memenuhi kebutuhan
pelanggan dan membangun hubungan jangka panjang yang menguntungkan dengan para
pelanggan. Untuk menmencapai hal ini, kita perlu menciptakan strategi fleksibel
yang dapat merespons perubahan persepsi dan tuntutan pelanggan. Ini juga dapat
membantu Anda mengidentifikasi pasar baru yang dapat Anda targetkan dengan
sukses.
Tujuan strategi pemasaran adalah
untuk mengidentifikasi dan mengkomunikasikan manfaat dari penawaran perusahaan
Anda kepada target pasar Anda.
Bila Anda telah menciptakan dan
menerapkan strategi, pantau keefektifannya dan buat penyesuaian yang diperlukan
agar berhasil.
Panduan ini membantu Anda
mengidentifikasi pelanggan yang ingin Anda fokuskan dan juga tujuan utama Anda
untuk mencapainya. Ini menjelaskan apa yang harus disertakan dalam strategi
pemasaran Anda dan bagaimana hal itu dapat menjadi dasar untuk tindakan yang
efektif.
- Elemen kunci dari strategi pemasaran yang sukses
- Pahami kekuatan dan kelemahan
- Kembangkan strategi pemasaran
ELEMEN KUNCI DARI STRATEGI
PEMASARAN YANG SUKSES
Salah satu elemen kunci dari
strategi pemasaran yang sukses adalah mengenali bahwa calon pelanggan dan calon
pelanggan Anda akan jatuh ke dalam kelompok atau segmen tertentu, yang dicirikan
oleh "kebutuhan" mereka. Mengidentifikasi kelompok-kelompok ini dan
kebutuhan mereka melalui riset pasar dan kemudian mendekati mereka dengan
kesuksesan yang lebih besar daripada pesaing Anda harus menjadi pusat strategi
Anda.
Anda kemudian dapat mengembangkan
strategi pemasaran yang memaksimalkan kekuatan Anda dan menyesuaikannya dengan
kebutuhan pelanggan yang ingin Anda targetkan. Misalnya, jika kelompok
pelanggan tertentu mencari kualitas pertama dan terutama, maka aktivitas
pemasaran yang ditujukan kepada mereka harus menarik perhatian pada layanan
unggulan yang dapat Anda berikan.
Setelah ini tercapai, putuskan
aktivitas pemasaran terbaik yang akan memastikan bahwa target pasar Anda
mengetahui produk atau layanan apa yang Anda tawarkan, dan mengapa mereka
memenuhi kebutuhan mereka.
Hal ini dapat dilakukan melalui
berbagai bentuk periklanan, pameran, prakarsa hubungan masyarakat, aktivitas
internet dan menciptakan strategi "point-of-sale" yang efektif jika
Anda mengandalkan orang lain untuk menjual produk anda Batasi aktivitas Anda ke
metode yang menurut Anda akan bekerja paling baik, hindari menyebarkan anggaran
terlalu banyak.
Pemantauan dan evaluasi
selanjutnya tentang efektivitas strategi Anda adalah elemen kunci yang sering
diabaikan. Unsur kontrol ini tidak hanya membantu Anda memahami bagaimana
strategi bekerja dalam praktik, namun juga dapat membantu memandu strategi
pemasaran Anda di masa depan. Cara mudah adalah dengan bertanya kepada setiap
pelanggan baru bagaimana mereka mendengar tentang bisnis Anda.
Bila Anda telah memutuskan
strategi pemasaran Anda, tulislah sebuah rencana pemasaran untuk menunjukkan
bagaimana Anda merencanakan untuk melaksanakan dan mengevaluasi keberhasilan
strategi ini. Rencana tersebut harus terus ditinjau ulang untuk merespon dengan
cepat perubahan kebutuhan dan sikap pelanggan di industri Anda, serta perubahan
iklim ekonomi secara keseluruhan.
MEMAHAMI KEKUATAN DAN KELEMAHAN
ANDA
Strategi Anda harus
mempertimbangkan bagaimana kekuatan dan kelemahan bisnis Anda akan mempengaruhi
pemasaran Anda.
Mulailah dokumen strategi
pemasaran Anda dengan analisis SWOT yang menyeluruh dan jujur, diskusikan
kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman Anda terhadap Anda. Pada tahap ini,
yang terbaik adalah melakukan riset pasar tentang pelanggan Anda yang ada,
karena ini akan membantu Anda membangun gambaran reputasi Anda yang lebih jujur
di pasar.
Pasukan dapat mencakup:
- Layanan pelanggan pribadi dan fleksibel
- fitur atau manfaat tertentu yang ditawarkan produk Anda
- pengetahuan khusus atau keterampilan
Kelemahannya bisa meliputi:
- sumber daya keuangan terbatas
- kurangnya reputasi yang mapan
- sistem akuntansi yang tidak efektif
Kemungkinan bisa meliputi:
- peningkatan permintaan dari sektor tertentu di pasar
- menggunakan internet untuk mencapai pasar baru
- teknologi baru yang memungkinkan Anda untuk meningkatkan kualitas produk
Ancaman mungkin meliputi:
- penampilan pesaing baru
- lebih canggih, lebih menarik atau lebih murah dari produk atau layanan Anda
- sebuah peraturan baru meningkatkan biaya Anda
- penurunan ekonomi, mengurangi keseluruhan permintaan
- Setelah Anda melakukan analisis Anda, Anda akan dapat mengukur kemungkinan efek yang mungkin dimiliki setiap elemen pada strategi pemasaran Anda.
Misalnya, jika peraturan baru
meningkatkan biaya persaingan di pasar di mana Anda sudah lemah, mungkin Anda
ingin mencari peluang lain. Di sisi lain, jika Anda memiliki reputasi bagus dan
pesaing utama Anda dalam masalah, peraturan mungkin merupakan kesempatan untuk
secara agresif membawa Anda ke pelanggan baru.
KEMBANGKAN STRATEGI PEMASARAN
ANDA
Dengan memahami kekuatan dan
kelemahan internal perusahaan Anda serta peluang dan ancaman eksternal, Anda
dapat mengembangkan strategi yang sesuai dengan kekuatan Anda sendiri dan menyesuaikannya
dengan peluang yang muncul. Anda juga bisa mengidentifikasi kelemahan Anda dan
mencoba meminimalkannya. Langkah selanjutnya adalah menulis rencana pemasaran
terperinci yang menguraikan langkah-langkah spesifik yang harus diambil untuk
menerapkan strategi ini.
Pertanyaan untuk ditanyakan saat
mengembangkan strategi Anda
- Perubahan apa yang terjadi di lingkungan bisnis kita? Apakah ini peluang atau ancaman?
- Apa kekuatan dan kelemahan kita?
- Apa yang ingin saya capai? Tetapkan tujuan yang jelas dan realistis.
- Apa yang pelanggan cari? Apa kebutuhan mereka
- Pelanggan mana yang paling menguntungkan?
- Bagaimana saya menargetkan pelanggan potensial yang tepat? Adakah kelompok yang bisa saya targetkan secara efektif?
- Apa cara terbaik untuk berkomunikasi dengan mereka?
- Dapatkah saya memperbaiki layanan pelanggan saya? Ini bisa menjadi cara murah untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dibandingkan musuh dengan mempertahankan pelanggan, meningkatkan penjualan dan membangun reputasi yang baik.
- Dapatkah mengubah produk atau layanan saya meningkatkan penjualan dan profitabilitas? Sebagian besar produk perlu terus diperbarui agar tetap kompetitif.
- Dapatkah memperluas daftar produk atau layanan saya memenuhi kebutuhan pelanggan yang ada dengan lebih efisien? Ingat bahwa menjual ke pelanggan lama biasanya lebih menguntungkan daripada terus mencari yang baru.
- Bagaimana saya menilai produk atau layanan saya? Meski harga harus kompetitif, kebanyakan perusahaan percaya bahwa kompetisi berbasis harga adalah strategi yang buruk. Apa lagi yang diminati oleh pelanggan saya? Kualitas? Keandalan? Efektivitas? Untuk mendapatkan nilai uang?
- Apa cara terbaik untuk mendistribusikan dan menjual produk saya?
- Apa cara terbaik untuk mempromosikan produk saya? Pilihan meliputi periklanan, pemasaran langsung, pameran di pameran dagang, PR atau pemasaran web.
- Bagaimana saya bisa memastikan pemasaran saya efektif? Periksa bagaimana pelanggan menemukan bisnis Anda. Percobaan skala kecil bisa menjadi cara yang baik untuk menguji strategi pemasaran tanpa menimbulkan biaya yang berlebihan.
0 Comments
EmoticonEmoticon