Definisi Produk dan Jasa
a. Produk
Menurut Kotler dan Amstrong produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, dipergunakan dan yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan konsumen.
b. Jasa
Jasa adalah setiap tindakan atau kegiatan yang ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain, yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak memiliki kepemilikan apapun. Dapat dikaitkan atau tidak dikaitkan dengan suatu produk fisik.Jenis Produk
a. Aspek daya tahan
- Barang tidak tahan lama (non durable goods)Barang berwujud yang biasanya habis dikonsumsi dalam satu atau beberapa kali pemakaian. Dengan kata lain umur ekonomisnya dalam kondisi pemakaian normal kurang dari satu tahun.
- Barang tahan lama (durable goods) Barang berwujud yang biasanya bisa bertahan lama dengan banyak pemakaian (umur ekonomisnya untuk pemakaian normal adalah satu tahun lebih).
b. Tujuan konsumsinya
- Barang konsumsi
Produk yang langsung dapat dikonsumsi tanpa melalui pemrosesan lebih lanjut untuk memperoleh manfaat dari produk tersebut.
- Barang industri
a) Convenience goods
Barang yang pada umumnya memiliki frekuensi pembelian tinggi, dibutuhkan dalam waktu segera, dan hanya memerlukan usaha yang minimum (sangat kecil) dalam pembandingan dan pembeliannya.
b) Shopping goods
Barang-barang dalam proses pemilihan dan pembeliannya dibandingkan oleh konsumen diantara berbagai alternatif yang tersedia.
c) Specialty goods
Barang-barang yang memiliki karakteristik dan/atau identifikasi merk yang unik dimana sekelompok konsumen bersedia melakukan usaha khusus untuk membelinya.
d) Unsouth goods
Barang-barang yang tidak diketahui konsumen, kalaupun sudah diketahui, tetapi pada umumnya belum terpikirkan untuk membelinya.
baca juga : PELUANG USAHA DIBIDANG PERTANIAN YANG PATUT DICOBA
Cara mengambil kesempatan mengembangkan pengetahuan produk dan jasa
a. Lakukan penelitian terhadap pelanggan dan kompetitorb. Ikuti pelatihan atau workshop mengenai produk dan jasa yang baru
c. Lakukan diskusi dengan rekan sekantor
d. Membaca brosur atau spesifikasi produk jasa
Penelitian Informal dan Formal
Penelitian adalah suatu proses investigasi yang dilakukan dengan aktif, tekun, dan sistematis, yang bertujuan untuk menemukan, menginterpretasikan, dan merevisi fakta-fakta.a. Penelitian informal
Merupakan penelitian untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang audiensi tanpa metode riset ilmiah yang ketat. Metode yang digunakan dalam metode ini adalah kelompok focus, yaitu memberikan pertanyaan terbuka kepada beberapa orang yang memiliki karakteristik demografis yang berdekatan. Tujuannya untuk mendapat informasi yang cukup yang digunakan sebagai dasar penysusunan pertanyaan survey, selain itu dengan memonitor berita atau informasi dari media cetak maupun elektronik, internet, dan sumber database.
b. Penelitian formal
Merupakan penelitian yang mengikuti metode penelitian ilmiah. Metode yang digunakan analisis isi (content analysis), survey dan eksperimental.Cara Menggunakan Penelitian Informal dan Formal Untuk Memperbaharui Pengetahuan
Dalam memperbaharui pengetahuan penelitian informal dapat dilakukan diawalpenelitian. Dimana penelitian informal digunakan untuk menentukan informan
kunci yang digunakan sebagai sumber informasi, selain itu penelitian informal
juga digunakan untuk mendapatkan informasi yang digunakan untuk menyusun
kuesioner yang digunakan dalam penelitian formal. Cara yang dilakukan adalah:
a. Cari informasi melalui studi pustaka atau media informasi (informal)
b. Bertanya kepada informan kunci atau dari komunitas atau kelompok mengenaiproduk jasa, fasilitas, layanan, karyawan dan informasi lainnya yang dibutuhkan secara umum
c. Susun pertanyaan secara terstruktur untuk memberikan batasan informasi yang dibutuhkan
d. Sebarkan pertanyaan kepada sampel yang telah dipilih
e. Analisis data yang terkumpul
f. Buat laporan hasil penelitian
Baca juga : Ada Sepuluh Cara Mendapatkan Modal, Pengalaman dari Pebisnis Propesional
Cara Mengevaluasi Produk Jasa dan Prakarsa Promosi Dari Umpan Balik Pelanggan
a. Sebar survei dan kuesionerb. Membuat komunitas khusus pengguna produk jasa
c. Berikan produk jasa gratis kepada pelanggan kemudian tanya kepada pelanggan mengenai produk jasa yang diberikan
d. Aktif bertanya kepada pelanggan, bisa melalui telepon atau melalui media komunikasi lainnya
Membagi Pengetahuan Dengan Kolega
a. Jenis pengetahuan
- Dimensi produk yang meliputi kinerja, keistimewaan tambahan, keandalan, spesifikasi, daya tahan, dan estetika
- Layanan purna jual yang meliputi garansi dan perbaikan
- Persaingan produk jasa dalam pasar
- Keinginan pelanggan terhadap produk jasa
b. Cara membagi pengetahuan
- Dengan melakukan pertemuan secara rutin
- Melalui buletin perusahaan
- Melalui media sosial
Alur Menyampaikan Informasi Dari Pelanggan
Salah satu sumber informasi yang digunakan dalam perencanaan dimasa depan adalah pelanggan, baik pelanggan internal maupun eksternal. Adapun cara menyampaikan informasi dari pelanggan dapat digambarkan sebagai berikut:
Cara Mengidentifikasi Perubahan Saran Kebutuhan Pelanggan
- Kumpulkan data mengenai saran kebutuhan pelanggan
- Kelompokkan saran tersebut berdasarkan jenis kebutuhan pelanggan
- Urutkan kebutuhan tersebut menjadi kebutuhan primer, sekunder, atau tertier berdasarkan dari banyaknya jumlah saran kebutuhan yang diberikan pelanggan
Prosedur Penanganan Perubahan Kebutuhan Produk Jasa Pelanggan
- Identifikasi jenis perubahan yang diinginkan oleh pelanggan
- Analisis data perubahan yang telah dikumpulkan
- Buat laporan hasil analisis
- Sampaikan kepada direktur atau manajer pemasaran dan produksi untuk ditindaklanjuti
0 Comments
EmoticonEmoticon