Hal Hal Yang Diperlukan dalam Mendorong Pelanggan Untuk Menggunakan dan Membeli Produk dan Jasa
1. Informasi Produk dan Jasa
a. Karakteristik produk dan jasa yang meliputi nama, bentuk, ukuran, berat, dan warnab. Harga
c. Kepuasan dan manfaat yang diberikan
d. Prosedur penggunaan, pembelian atau pemesanan
e. Penanganan keluhan
2. Cara Memberikan Informasi Produk dan Jasa
a. JelasInformasi yang diberikan harus jelas, sampaikan secara tenang dan perlahan agar
pelanggan dapat mencerna informasi yang diberikan. Gunakan bahasa yang
mudah dipahami oleh pelanggan.
b. Ringkas
Hindari memberikan informasi yang terlalu banyak kepada pelanggan, karena
hanya membuat bingung pelanggan.
c. Benar
Jujur kepada pelanggan, bila belum mendapat informasi yang akurat minta waktu
kepada pelanggan untuk memperoleh informasi yang akurat. Dan berikan
informasi secepatnya setelah mendapatkan informasi .
d. Lengkap
Sampaikan informasi secara utuh sesuai dengan kebutuhan pelnggan. Jangan
sembunyikan informasi yang dianggap menguntungkan perusahaan namun
merugikan bagi pelanggan.
e. Ramah
f. Nyata
Berikan informasi yang terukur, jangan memberikan informasi yang bersifat
abstrak. Sebagai contoh, “Kami akan menghubungi Bapak secepatnya” merupakan
kalimat abstrak, karena kata secepatnya tidak dapat diukur. Lebih baik
memberikan informasi “Kami akan menghubungi Bapak maksimal 3x24 jam”.
Baca juga : Mengembangkan Produk, Jasa dan Pengetahuan Pasar
3. Teknik Penjualan
a. ProbingTeknik yang digunakan untuk menyelidiki atau menggali informasi dan
mencari peluang. Teknik ini dapat dilakukan ketika:
- Pada saat pertama kali membuka atau memulai suatu interaksi proses menjual
- Pada saat menghadapi sikap kontra dari pelanggan untuk mengetahui apa penyebabnya
- Pada saat mau closing, untuk memastikan sikap calon pelanggan terhadap produk yan ditawarkan
b. Supporting
Teknik ini digunakan untuk mendukung atau memasok kebutuhan
pelanggan dengan menggunakan fitur, fungsi dan manfaat produk. Teknik
ini dilakukan pada saat calon pelanggan telah menjawab probing dengan
menjelaskan kebutuhannya. Cara yang dilakukan adalah dengan
memperkenalkan dan mempresentasikan serta mengusulkan atau
merekomendasikan fitur, fungsi dan manfaat produk kepada calon
pelanggan.
Yang harus dihindari saat melakukan teknik ini adalah menjelekkan produk
pesaing, walaupun calon pelanggan sengaja membandingkan dengan
produk pesaing.
c. Closing
Adalah teknik yang digunakan untuk menutup atau mengakhiri suatu
interaksi proses menjual dengan tujuan mendapatkan suatu kesepakatan
dari calon pelanggan. Terkadang calon pelanggan tidak memberikan atau
menunjukkan sikap menerima produk yang ditawarkan. Adapun cara
melakukan closing adalah:
- Menyimpulkan kembali kebutuhan prospek serta manfaat produk yang telah diterima atau disetujui oleh calon pelanggan
- Mengajukan sales order untuk ditandatangani oleh calon pelanggan
- Bila calon pelanggan belum mau mengambil keputusan untuk menggunakan produk yang ditawarkan mungkin calon pelanggan masih butuh waktu untuk mempertimbangkan lebih lanjut. Maka diperlukan action plan yang dapat lebih mengikat calon pelanggan seperti mengajukan harga secara tertulis, mengusulkan demo produk atau uji coba produk yang ditawarkan.
4. Pengeluaran Tambahan
a. Pajakb. Biaya atau ongkos kirim
c. Biaya servis tambahan
d. Biaya upgrade produk
Jenis pengeluaran ini dapat diinformasikan kepada pelang gan ketika memberikan
informasi mengenai produk yang ditawarkan.
5. Promosi Produk dan Jasa
Dalam memasarkan sebuah produk ada 4 (empat) hal yang dikenal dengan bauranpemasran (marketing mix) dan menjadi perhatian, yaitu:
a. Produk
b. Harga
c. Tempat
d. Promosi
Hal penting yang harus dilakukan dalam menarik calon pelanggan untuk
menggunakan produk yang ditawarkan adalah promosi.
Menurut Winardi promosi adalah aktivitas sebuah perusahaan yang dirancang
untuk memberi informasi, membujuk atau mengingatkan pihak lain tentang
perusahaan yang bersangkutan dan barang-barang serta jasa-jasa yang
ditawarkan.
Dalam promosi, dikenal adanya bauran promosi yang terdiri atas:
a. Advertising (iklan)
Sejumlah biaya yang dikeluarkan untuk promosi yang dilakukan oleh
penyedia layanan. Misal: iklan radio, iklan tv, dll.
b. Sales promotion
Insentif jangka pendek untuk meningkatkan pembelian atau penjualan
produk. Misal: diskon, demonstrasi, kupon, dll
c. Public relations
Membangun hubungan antara perusahaan dengan masyarakat untuk
membangun image perusahaan, menangani rumor buruk, cerita maupun
kondisi yang tidak diinginkan. Misal: press release, sponsorship
d. Personal selling
Penjualan yang dilakukan secara personal kepada pelanggan yang
bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan membangun hubungan
dengan pelanggan. Misal: presentasi penjualan
e. Direct marketing
Penjualan yang berkaitan dengan target perseorangan untuk memenuhi
kecepatan dalam menanggapi dan hubungan jangka panjang dengan
pelanggan. Biasanya menggunakan telepon, surat, fax, e-mail, internet,
dan alat lainnya untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan yang
spesifik. Misal: katalog, tele marketing, kios, internet, dll
Yang harus diperhatikan dalam melakukan promosi adalah:
a. Tentukan target pasar yang akan dituju
b. Tentukan sasaran yang akan dicapai
c. Pesan yang akan disampaikan agar mengenai pasar dan sasaran yang sudah ditetapkan
d. Pilih saluran promosi yang tepat dan sesuai dengan target yang dipilih
e. Besaran anggaran yang disiapkan dalam melakukan promosi
f. Bauran promosi yang dipilih agar promosi yang dilakukan efektif dan efisien
Ada dua strategi promosi yang bisa dilakukan, yaitu push strategi dan pull
strategi. Push strategi adalah strategi promosi dimana personal selling
mempromosikan produknya ke retailer dan wholesaler saja, tidak ke end user.
Sedangkan pull strategi adalah strategi dimana produsen menciptakan product
awareness sehingga konsumen akan mencari produk yang ditawarkan ke
retailer. Kedua strategi ini bisa dilakukan secara terpisah, namun akan lebih
besar efeknya bila dilakukan secara bersamaan.
Baca Juga : Mengidentifikasi Elemen Value Elemen Pemasaran Perusahaan
Keterampilan yang Diperlukan dalam Mendorong Pelanggan Untuk Menggunakan dan Membeli Produk dan Jasa
1. Memberikan informasi yang akurat mengenai produk dan jasa kepada pelanggan.2. Memakai teknik penjualan untuk mendorong penggunaan dan pembelian.
3. Membuat sadar pelanggan akan kemungkinan adanya pengeluaran tambahan.
4. Mempromosikan produk dan jasa sesuai dengan tujuan perusahaan
Sikap kerja yang Diperlukan dalam Mendorong Pelanggan Untuk Menggunakan dan Membeli Produk dan Jasa
1. Harus cermat dan teliti dalam menetapkan dan memilih data.2. Harus berpikir analitis serta evaluatif waktu menetapkan data menjadi
informasi sebagai dasar pelaksanaan kegiatan.
3. Harus taat asas dalam mengaplikasikan cara, panduan, dan pedoman.
4. Harus sopan, ramah dan komunikatif dalam menyampaikan informasi.
1 Comments:
Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat. Bagi yang membutuhkan Tempat Sewa Genset Murah bisa menghubungi kami.
Silahkan mampir ke http://id.arthurteknik.com/
EmoticonEmoticon