Pengetahuan yang diperlukan dalam menganalisis informasi biaya relevan
1. Alternatif-alternatif keputusan manajemen yang akan dibuat pada masa akan datang Diidentifikasi
Dari analisis informasi biaya
yang diperoleh ada beberapa alternatif analisis yang sudah dijelaskan kemudian
diidentifikasi, mana yang akan dibuat dimasa yang akan datang.
Seleain itu manajemen dapat
pulamengandalakan pengalaman dan pertimbangannya guna memperbaiki hasil-hasil
estimasi stastik. Dalam situasi manajer mempunyai pemahaman yang mendalam
tentang perusahaan dan polapola biaya, maka metode ini dapat membuahkan hasil
yang akurat, tetapi jika manajer tidak memiliki pemahaman yang baik tentang perusahaan
dan pola-pola biaya yang ada, kesalahan-kesalahan kemungkinan akan terjadi.
Analisis yang diperlukan dalam
pengambilan keputusan:
a) Analisa diferensial
Dalam memutuskan opsi mana yang
paling baik, manajemen dapat menggunakan analisis diferensial.
Contoh ilustrasi:
PT.A
Usulan menyewakan atau menjual
aset
Pendapatan diferensial dari
alternatif-alternatif:
Pendapatan dari penyewaan
perlengkapan 480.000
Pendapatan penjualan
perlengakapan 300.000
Pendapatan diferensial dari
penyewaan 180.000
Biaya diferensial dari
alternatif-alternatif
Beban reparasi,asuransi, dan
pajak 105.000
Beban komisi penjualn 18.000
Biaya diferensial penyewa 87.000
Keuntungan bersih alternatif
penyewaan 93.000
Diakhir tahun ke-5 masa sewa
perlengkapan tidak memiliki nilai residu, padahal pemilik sewa masih
menanggungbeban untuk reparsi,asuransi dan pajak sekitar 105.000. Maka
informasi ini bisa digunakan manajemen untuk menyewa perlengkapan atau
menjualnya.
b) Analisa Tradisional
Analisa yang tidak
mempertimbangakan biaya terbenam.
Contoh ilustrasi:
PT.A
Usulan menyewa atau menjual
Alternatif penyewaan perlengkapan
Pendapatan dari penyewaan 480.000
Beban penyusutan 240.000
Beban reparasi,asurnasi Pajak 105.000
345.000
Keuntungan bersih 135.000
Alternatif penjualan perlengkapan
Harga jual 300.000
Nilai buku perlengkapan 240.000
Beban komisi 18.000
258.000
Keuntungan bersih 42.000
Keuntungan bersih alternatif
penyewaan 93.000
baca juga : Menyiapkan Laporan Biaya dan Anggaran
2. Jenis-jenis dan jumlah biaya-biaya yang relevan dalam pemilihan keputusan diidentifkasi.
Biaya dan pendapatan yang relevan
untuk pengambilan keputusan tergantung pada konteks keputusan dan
alternatif-alternatif yang tersedia dan sudah diidentifikasi. Dalam tahap akhir
proses pengambilan keputusan manajer membandingkan dua atau lebih rangkaian
alternatif tindakan. Pada saat memilih diantara alternatif-alternatif yang berbeda, manajer sepatutnya hanya berkonsentrasi
pada biaya dan pendapatanyang berbeda di antara alternatif keputusan.
Terdapat empat pertimbangan
penting yang berkenaan dengan pengambilan keputusan manajer:
a) Berkaitan dengan masa depan
Supaya relevan dengan suatu
keputusan, manfaat dan biaya informasi mestilah melibatkan kejadian di masa
yang akan datang. Informasi relevan merupakan prediksi masa yang akan datang.
b) Berbeda diantara alternatif-alternatif
Informasi relevan mestilah
melibatkan manfaat dan biaya yang berbeda di antara alternatif-alternatif yang
ada.
c) Kebutuhan akan prediksi
Karena informasi relevan
melibatkan kejadian-kejadian di masa yang akan datang, akuntan manajemen
haruslah memprediksi besarnya manfaat dan biaya yang relevan. Dalam membuat
prediksi ini akuntan manajemen kerap memakai estimasi-estimasi perilaku biaya
berdasarkan data historis.
d) Keputusan unik dan repetitif
Keputusan unik jarang diambil
namun mempunyai dampak lebih signifikan atas kegiatan-kegiatan rutin, sedangkan
keputusan repetitif dilakukan hampir setiap hari, dilakukan sering dan
berulang.
3. Informasi biaya yang memberikan nilai tambah yang paling tinggi diidentifikasi.
Setiap biaya yang terhindakan
relevan untuk pengambilan keputusan. Biaya yang terhindarkan adalah biaya yang
dapat dihilangkan baik sebagian ataupun seluruhnya. Sebgai akibat dari
pemilihan salah satu alternatif. Biaya terhindarkan meliputi gaji departemen
dan biaya lainnya yang dapat dihapus dengan tidak mengoperasikan departemen
tertentu. Sedangkan biaya tidak terhindarkan adalah biaya yang terus berlanjuat
meskipun suatu kegiatan dihentikan, dan sifatnya tidak relevan terhadap
pengambilan keputusan. Biaya tidak terhindarkan meliputi banyak biaya bersama,
yakni biaya fasilitas dan jasa yang digunakan bersama oleh beberapa departemen,
misalnya biaya penyusutan toko, biaya penyejuk udara, dan biaya administrasi.
4. Rekomendasi disiapkan untuk dasar pemilihan keputusan
Biaya yang relevan dalam suatu
situasi tidaklah berarti relevan pula dalam keputusan lainnya. Hal ini berarti
bahwa manajer membutuhkan biaya-biaya yang berbeda untuk tujuan yang berlainan.
Dalam setiap situasi, manajer perlumemeriksa data yang ada dan lantasmengambil
langkah-langkah yang dibutuhkan untuk memilah mana biaya-biaya yang relevan.
baca juga : Menganalisis Data Perusahaan
Ketrampilan yang diperlukan dalam menganalisi informasi biaya relevan.
- Mengidentifikasi Alternatif - alternatifkeputusan manajemen yang akan dibuat pada masa akan datang.
- Mengidentifikasi jenis-jenis dan jumlah biaya-biaya yang relevan dalam pemilihan keputusan.
- Mengidentifikasi informasi biaya yang memberikan nilai tambah yang paling tinggi
- Menyiapkan rekomendasi untuk dasar pemilihan keputusan
Sikap Kerja
1. Harus teliti, cermat dan akurat dalam
menganalisis informasi biaya
2. Sesuai dengan SOP yang berlaku di organisasi
perusahaan.
0 Comments
EmoticonEmoticon